Saturday, August 24, 2013

Waspadailah Ngantuk Berlebihan

Spreishop - kadang-kadang kita terasa letih serta mengantuk. sehabis jam makan siang, kantuk berkunjung serta membuat kita menguap serta menyeka mata. sesaat itu, ada beberapa dari kita yang sangat susah menahan kantuk. lebih-lebih bila jadi perhatian, ia selama hari bolak-balik menyeduh kopi serta merokok untuk cuman menjaga kekuatan konsentrasi. inilah mengantuk terlalu berlebih !

kantuk terlalu berlebih diketahui membuat kita lamban serta sembrono, yang sudah pasti mengganggu performa di kantor, pekerjaan serta sekolah. lebih-lebih buat pengendara, mengantuk yaitu ancaman utama keselamatan di perjalanan.

orang yang mengantuk juga condong agresif serta emosional. gak heran apabila kantuk pada siswa terjalin dengan kenakalan di kelas, atau ada penelitian yang menuturkan bahwa wanita yang cukup tidur bakal menanggung kebahagiaan perkawinan. ya, kesehatan tidur akan memastikan kesehatan emosi serta interaksi antar-personal manusia.

mengantuk, normal atau tidak ?
kantuk tidak sama dengan fatigue ( letih ). fatigue yaitu rasa letih kehabisan tenaga sampai pingin beristirahat, serta istirahat didalam artian bukan hanya tidur. mengantuk terlalu berlebih juga mesti dibedakan dengan perasaan tertekan atau depresi. mereka yang terasa tertekan gak ingin mengerjakan aktivitas, lebih-lebih yang di awalnya menggembirakan.

mengantuk terlalu berlebih tidaklah penyakit tersendiri. kantuk berlebih bisa dipicu oleh banyak perihal, atau dapat juga dipicu oleh penyakit-penyakit tidur yang lebih serius.

yang pertama butuh dibedakan yaitu apakah kantuk ini punya sifat normal atau patologis. normal apabila benar-benar dipicu oleh kurangnya durasi tidur. penduduk modern benar-benar gak mengutamakan tidur, konon buat produktivitas. karena itu, kesehatan tidur gak jadi perhatian. tak sekedar mengorbankan waktu tidur, banyak kebiasaan-kebiasaan kita yang sebetulnya gak sehat buat tidur. koneksi internet, sinar 24 jam, minuman berkafein, berolah raga saat malam hari, dll.

sesaat itu, mengantuk yang gak normal yaitu rasa kantuk yang tetap ada walau tidur udah teratur cukup. penyakit tidur yang dapat jadi penyebab yaitu sleep apnea, periodic limb movements in sleep atau narkolepsi. sleep apnea amat banyak terkena, tapi diabaikan dikarenakan penderitanya cuma tahu dia bangun gak fresh serta mengantuk terlalu berlebih tanpa tahu apa yang ia alami selama malam. cuma dari orang lain, rata-rata pasangan, ia paham dirinya mendengkur. sayangnya, beberapa penderita gak mengaitkan rutinitas ngorok dengan kantuk yang dihadapi.

efek mengantuk
apa-pun penyebab mengantuk terlalu berlebih baiknya didiskusikan dengan dokter. siapa tahu, sakit kepala yang kerap dihadapi berkenaan dengan kantuk. peningkatan tekanan darah, atau penurunan daya tahan tubuh juga dapat dipicu oleh mengantuk terlalu berlebih.

beberapa orang bakal dibantu untuk membuat perubahan jadwal dan kebiasaan-kebiasaan tidurnya biar lebih sehat. sesaat itu, beberapa yang lain butuh kontrol medis yang lebih serius. kontrol di laboratorum tidur yaitu di antaranya.

bila anda terasa lamban, terus mengantuk, kurang produktif, nyaris alami kecelakaan atau kerap membuat kekeliruan konyol, janganlah hanya mengambil kopi serta terus memaksakan diri. hari esok serta nyawa jadi taruhannya. bill clinton sendiri menjelaskan bahwa kesalahan-kesalahan yang ia bikin beberapa ia kerjakan pas kelelahan. asumsikan apabila di pekerjaan, anda hingga dicap pemalas serta lamban, atau di anggap gak dapat berkembang, kurang inovatif, lebih-lebih gak punyai kreativitas. kesehatan tidur bakal menanggung produktivitas serta karier terus meningkat dikarenakan istirahatlah vit. otak sebenarnya.

lebih-lebih lagi, didalam konteks berkendara, dengan terus mengemudi pas mengantuk, kita tidak sekedar membahayakan diri, tetapi juga keselamatan orang lain. ingat saja bermacam kecelakaan fatal di media, nyaris seluruh dipicu oleh kantuk. fakta dari centers for disease control and prevention ( cdc ), amerika serikat, 1 dari 24 pengendara mengaku dulu tertidur di perjalanan.

efek mengantuk pada kesehatan juga gak main-main. bermacam penelitian menghubungkan kantuk dengan buruknya kesehatan jantung serta pembuluh darah. mengantuk juga sebabkan kegemukan serta obesitas. lebih-lebih, tata laksana perihal tekanan darah tinggi yang dikenal dengan dokumen jnc7 telah memasukkan penyakit tidur sleep apnea sebagai di antara penyebab utama hipertensi.

waspada mengantuk berlebihan
mengantuk terlalu berlebih terkena luas, tapi beberapa orang gak menyadarinya. tidak tahu dikarenakan telah terlampau lama terkena sampai di anggap biasa, atau dikarenakan mengonsumsi kafein selama hari. walau demikian, mengantuk terlalu berlebih nyata pengaruhi kesehatan, keselamatan, serta mutu hidup seseorang.

simak kesehatan tidur, lakukan juga untuk mengulas rutinitas tidur dengan dokter. mengantuk terlalu berlebih bukan hanya kondisi yang normal, bukan hanya juga kemalasan. mengantuk terlalu berlebih dapat diatasi, atau diobati. sayang apabila diabaikan demikian saja.

No comments:

Post a Comment