Tuesday, August 27, 2013

Mimpi Seorang Perempuan Lebih Liar dari Laki-laki

Spreishop - wanita kerap disebut yaitu multitasker serta condong pemikir ketimbang kaum lelaki. tetapi mimpi yang kita alami sementara tidur kerapkali berkenaan dengan apa yang kita alami selama hari. mungkinkah perihal ini yang membawa dampak mimpi-mimpi kaum wanita condong liar serta lebih beragam dari pada lelaki ?

wanita condong alami variasi mimpi yang lebih luas ketimbang lelaki, tutur peneliti mimpi, profesor kelly bulkeley, yang juga penulis buku dreaming in the classroom. wanita amat sering alami mimpi tidak baik, mimpi yang lebih emosional, lebih surealis, serta lebih susah tidur.

studi dari university of the west of england perlihatkan bahwa pergantian didalam suhu tubuh wanita, yang diakibatkan oleh siklus bulanan, merupakan penyebab timbulnya mimpi-mimpi yang beragam. suhu tubuh meningkat sehabis ovulasi serta alami penurunan sesaat sebelum saat menstruasi. pergantian hormon yang berlangsung tersebut yang mempengaruhi mimpi-mimpi kita. mimpi yang emosional, atau mimpi tidak baik, condong berlangsung sebelum saat kita menstruasi.

wanita yang alami pramenstruasi condong punya mimpi lebih agresif, serta condong lebih mengingat mimpi-mimpinya, papar pemimpin studi ini, dr jennie parker.

peneliti mencatat, ada lima tipe mimpi yang amat kerap dirasakan wanita, yakni mimpi telanjang di depan umum, jatuh dari ketinggian, terbang, gigi tanggal, serta dikejar-kejar. rata-rata, mimpi dikejar-kejar atau jatuh ini kerap membuat kita kelelahan. mimpi dikejar-kejar, umpamanya, rata-rata berarti bahwa kita lagi tengah melarikan diri dari masalah, atau mengusahakan menyembunyikan suatu hal dari orang lain.

persentase hormon juga meningkat sementara kita hamil, dimana kondisi tidur kita tambah banyak didalam kondisi rapid eye movement ( rem ), yakni sementara kesibukan otak meningkat. oleh gara-gara itu, kehamilan juga membawa dampak timbulnya mimpi-mimpi yang gamblang. tahap-tahap akhir kehamilan juga sering mengganggu tidur ibu hamil makanya mereka condong mengingat apa yang mereka mimpikan.

sementara hamil, mimpi-mimpi kita banyak melibatkan binatang serta air, dan amat sering mimpi tidak baik. walaupun demikian, bukan cuma ibu hamil yang kerap punya mimpi tidak baik. secara prinsip, wanita juga amat sering punya mimpi tidak baik ketimbang lelaki. cuma 19 % dari pria yang alami mimpi tidak baik, tetapi wanita jumlahnya 30 %.

penelitian juga perlihatkan bahwa fokus pada pikiran-pikiran yang perlu dapat mengaktifkan sisi otak yang tentang memori. gara-gara itu, jadi lebih dramatis mimpi anda, dapat kelihatan jadi lebih artinya, serta anda lantas lantas lebih gampang mengingatnya. tetapi pria tidak demikian gampang mengingat mimpi-mimpinya.

itu gara-gara wanita amat sering membicarakannya, tutur bulkeley. karakter terbuka pada pengalaman baru, ekspresif, serta peka juga condong lebih tinggi pada wanita, serta seluruh karakter tersebut terkait dengan pengingatan mimpi. wanita terlatih untuk lebih perhatian pada pengalaman emosional ketimbang pria, serta lebih bersedia mengungkap perasaannya pada orang lain.

No comments:

Post a Comment